17 Feb 2011

Pengenalan ThinkQuest ?

Apa itu ThinkQuest ?

ThinkQuest adalah sarana pembelajaran online yang aman, yang dapat membantu guru untuk menggabungkan proyek pembelajaran ke dalam kurikulum dalam kelas dan para siswa untuk mengembangkan keahlian abad 21,
ThinkQuest menyertakan juga lingkungan proyek dimana guru dan siswa melakukan pembelajaran bersama; suatu kompetisi dimana siswa berpartisipasi dalam lomba pembuatan website; suatu ThinkQuest Library, sumber belajar yang dikunjungi jutaan orangl dan suatu program pengembangan professional untuk pengajar.

Manfaat dari ThinkQuest Projects

Manfaat dari ThinkQuest Projects termasuk:
  • Aman /Protected:: Sekolah harus mengajukan aplikasi dan melalui proses verifikasi untuk dapat berpartisipasi dalam ThinkQuest Projects. Account anggota dilindungi oleh password dan isi halaman hanya dapat dilihat oleh anggota. Sebagai tambahan, ThinkQuest Project adalah lingkungan yang bebas virus berkat kerjasama dengan Symantec Corporation.
  • Aman /Protected:: Sekolah harus mengajukan aplikasi dan melalui proses verifikasi untuk dapat berpartisipasi dalam ThinkQuest Projects. Account anggota dilindungi oleh password dan isi halaman hanya dapat dilihat oleh anggota. Sebagai tambahan, ThinkQuest Project adalah lingkungan yang bebas virus berkat kerjasama dengan Symantec Corporation.
  • Mudah digunakan: Perangkat ThinkQuest Projects didesain dengan teknologi sedemikian rupa sehingga guru dan siswa dapat membuat proyek dengan mudah dalam hitungan menit.
  • Serba Guna/ Versatile: Anggota dapat mengirim (upload) berbagai format file yang berbeda ke ThinkQuest Projects, seperti foto, dokumen, presentasi, dan audio-video.
  • Bertanggung-jawab/ Supports Accountability: Semua isi dalam ThinkQuest Projects dapat diketahui penulis atau pembuatnya (tidak ada isi yang anonim). Siswa selalu dapat dikenali dengan nama depan dan nama belakangnya, dan sangat mudah untuk menghubungi sekolahnya jika ada masalah.
  • Pengawasan Guru /Teacher-Mediated: Guru dapat melihat semua isi yang dibuat siswa dalam ThinkQuest Projects. Sebagai tambahan, semua guru bisa memberi "tanda (flag)" isi dari halaman semua siswa bila dianggap tidak pantas. Tanda (flag) membuat halaman tersebut tidak bias dilihat oleh semua siswa dalam ThinkQuest Projects dan memberi tahu siswa dan sekolah yang terkait.
  • Pemirsa Global Otentik: Berpartisipasi dalam ThinkQuest Projects memberi kesempatan pada siswa agar karyanya dilihat oleh pemirsa di seluruh dunia, sehingga memotivasi mereka untuk bekerja sebaik-baiknya.
  • Basis-Web: Anggota dapat masuk ke ThinkQuest Projects komputer manapun yang memiliki akses internet. Sekolah yang sudah memiliki akses internet tidak perlu membeli peralatan ataupun software khusus lain.
  • Focus pada keahlian Abad 21: Kehidupan dan pekerjaan di abad 21 menuntut siswa untuk belajar menggunakan teknologi, mengkomunikasikan idenya dengan jelas, dan berinteraksi dengan orang yang berbeda budaya secara efektif. Melalui pertisipasi mereka di ThinkQuest Projects, siswa mendapat kesempatan untuk mengasah keahlian tersebut.

Manfaat dari ThinkQuest Competition

Manfaat dari ThinkQuest Competition termasuk:
  • Pengawasan Guru: Semua tim harus dibimbing oleh seorang guru atau orang dewasa yang bekerja pada sekolah. Pembimbing bertanggung jawab untuk memfasilitasi tim dan memastikan siswa bekerja sesuai dengan standar kompetisi.
  • Fokus pada Pendidikan: Semua yang masuk dalam ThinkQuest Competition harus dikembangkan untuk tujuan pendidikan. Aturan kompetisi, isi yang tidak pantas atau yang bersifat komersial tidak diperbolehkan.
  • Mendukung Kerahasiaan Siswa: Aturan Kompetisi melarang tim untuk menampilkan nama belakang siswa atau alamat dan kontak pribadi.
  • Pemirsa Global Otentik: Dengan berpartisipasi pada ThinkQuest Competition memberi kesempatan pada siswa untuk menampilkan hasil karyanya dalam ThinkQuest Library, yang dikunjungi oleh jutaan orang dari seluruh dunia setiap bulannya.
  • Focus pada keahlian Abad 21: Kehidupan dan pekerjaan di abad 21 menuntut siswa untuk belajar menggunakan teknologi, mengkomunikasikan idenya dengan jelas, dan berinteraksi dengan orang yang berbeda budaya secara efektif. Melalui pertisipasi mereka di ThinkQuest Projects, siswa mendapat kesempatan untuk mengasah keahlian tersebut.

Manfaat dari ThinkQuest Library

Manfaat dari ThinkQuest Library termasuk:
  • Dari dan untuk Siswa: semua website dalam ThinkQuest Library dibuat oleh orang-orang muda dari seluruh dunia.
  • Fokus pada Pendidikan: Semua website dalam ThinkQuest Library diatur dengan katagori pendidikan, termasuk Buku & Literatur, Sejarah & Pemerintahan, dan Sains & Teknologi. Sebagai tambahan, isi yang tidak pantas atau yang bersifat komersial tidak diperbolehkan.
  • Serba Guna: Guru dan siswa dapat menggunakan ThinkQuest Library proyek sekolah, tugas, atau penelitian pribadi. Banyak situs tentang rencana pembelajaran, multimedia, dan aktivitas dan permainan pendidikan.
Sumber : http://oraclefoundation.org.

Tidak ada komentar: