8 Mar 2011

Perkembangan Teknologi Informasi Di Indonesia

PENDAHULUAN

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pendidikan, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global. Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi dan teknologi komunikasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat pertukaran pikiran. Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversitiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.

EVOLUSI EKONOMI GLOBAL

  1. Ekonomi Agraris, sampai dua ratus tahun yang lalu ekonomi dunia bersifat agraris dimana salah satu ciri utamanya adalah tanah merupakan faktor produksi yang paling dominant. 
  2. Ekonomi Industri , sesudah terjadi revolusi industri, dengan ditemukannya mesin uap, ekonomi global ber-evolusi ke arah ekonomi industri dengan ciri utamanya adalah modal sebagai faktor produksi yang paling penting. 
  3. Ekonomi Informasi, saat ini, manusia cenderung menduduki tempat sentral dalam proses produksi, karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini berdasar pada pengetahuan (knowledge based) dan berfokus pada informasi (information focused).
Dalam hal ini telekomunikasi dan informatika memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology). Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi begitu pesat, sehingga memungkinkan diterapkannya cara-cara baru yang lebih efisien untuk produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. 
Proses inilah yang membawa manusia ke dalam Masyarakat atau Ekonomi Informasi. Masyarakat baru ini juga sering disebut sebagai masyarakat pasca industri. Apapun namanya, dalam era informasi, jarak fisik atau jarak geografis tidak lagi menjadi faktor dalam hubungan antar manusia atau antar lembaga usaha, sehingga jagad ini menjadi suatu dusun semesta atau “Global village”. Sehingga sering kita dengar istilah “jarak sudah mati” atau “distance is dead”, yang makin lama makin nyata kebenarannya. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. 

PERKEMBANGAN, IMPLIKASI, DAN PEMANFAATAN TI DAN TK DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA PERKEMBANGAN TI DAN TK DI INDONESIA
    • Teknologi Siaran Sejak PELITA I teknologi berupa siaran radio dan televisi telah diprogramkan. Memang sarana dan prasarana pada waktu itu belum ada atau belum memadai, namun dengan perkembangan teknologi siaran, seperti siaran langsung dari satelit dan pemancar ulang berdaya rendah, telah memungkinkan dicapainya seluruh pelosok tanah air. Teknologi ini terus berkembang sampai dengan PELITA berikutnya, yang kemudian berkembang dengan munculnya televisi swasta dan jaringan televisi siaran lokal.  
    • Satelit Komunikasi Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era informasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Sistem satelit komunikasi ini merupakan kebutuhan yang unik bagi Indonesia, karena keadaan dan letak geografisnya. Dasar pertimbangan pengembangan sistem ini adalah untuk keperluan pendidikan, penerangan, hiburan, pemerintahan, bisnis, pertahanan keamanan, dan perindustrian.  
    • Komputer Perkembangan perangkat keras komputer berlangsung sangat pesat. Selain daya muatnya yang semakin besar, kecepatan operasinya juga semakin tinggi. Jika sepuluh tahun yang lalu microprocessor komputer mampu mengakses memori dengan kecepatan perjutaan detik, maka saat ini kecepatannya sudah dihitung dengan permiiliar (nano) detik. Komputer meja atau personal computer saat ini sudah tidak dipandang sebagai barang mewah lagi, melainkan sebagai suatu kebutuhan yang esensial untuk dapat mengikuti kemajuan. Boleh dikatakan tidak ada satu kantorpun yang tidak memiliki dan mengoperasikan komputer.
    • Teknologi Video (Perekam Video) Perkembangan dalam teknolofi video sejalan dengan perkembangan komunikasi dan komputer, meskipun orientasi utamanya adalah untuk keperluan hiburan.  
    PERKEMBANGAN TI DAN TK MENURUT RAMALAN PARA AHLI  

    Dari dulu sejak sebelum maraknya penggunaan TI dan TK dalam kehidupan dan dalam bidang pendidikan pada khususnya, para ahli telah mengungkapkan ramalannya tentang penggunaan TI dan TK ini. Berikut ini kita bahas beberapa ramalan para ahli tersebut. “Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka” (Mukhopadhyay M., 1995). Sebagai contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy),” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan. Bishop G. (1989) meramalkan bahwa pendidikan masa mendatang akan bersifat luwes (flexible), terbuka, dan dapat diakses oleh siapapun juga yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Mason R. (1994) berpendapat bahwa pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukannya gedung sekolah. 
    Tony Bates (1995) menyatakan bahwa teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan, dan mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Alisjahbana I. (1966) mengemukakan bahwa pendekatan pendidikan dan pelatihan nantinya akan bersifat “Saat itu juga (Just on Time). Teknik pengajaran baru akan bersifat dua arah, kolaboratif, dan inter-disipliner. Romiszowski & Mason (1996) memprediksi penggunaan “Computer-based Multimedia Communication (CMC). 
    Dari ramalan dan pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif.  

    PERKEMBANGAN DAN IMPLIKASI TI DAN TI DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA  

    Kecenderungan perkembangan dan implikasi dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:  
    1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).  
    2. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan.  
    3. Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.   
    DISTANCE LEARNING  
    Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. 
    Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi dosen dan mahasiswa di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi dosen dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh siswa. Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh dosen dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online. Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut:  
    1. Pusat kegiatan siswa; sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.  
    2. Interaksi dalam grup; Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.  
    3. Sistem administrasi mahasiswa; dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.  
    4. Pendalaman materi dan ujian; Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning  
    5. Perpustakaan digital; Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.  
    6. Materi online diluar materi kuliah; Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya melalui web. 
    CONTOH LAIN PEMANFAATAN ATAS PERKEMBANGAN TI DAN TK UNTUK PENDIDIKAN DI INDONESIA
    • Perpustakaan elektronik (e-library) Revolusi teknologi informasi tidak hanya mengubah konsep pendidikan di kelas tetapi juga membuka dunia baru bagi perpustakaan. Perpustakaan yang biasanya merupakan arsip buku-buku dengan dibantu teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi lebih agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Dengan banyaknya perpustakaan tersambung ke internet, sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan menjadi tidak terbatas 
    • Surat elektronik (e-mail) Dengan aplikasi e-mail, seorang guru, orang tua, pengelola, dan siswa dapat dengan mudah saling berhubungan. Pihak sekolah dapat membuat laporan perkembangan siswa dan prestasi belajar baik diminta orang tua atau pun tidak. Dalam kegiatan belajar diluar sekolah, siswa yang menghadapai kesulitam materi pelajaran dapat bertanya lewat e-mail kepada pihak sekolah atau guru bidang studi. Demikian pula untuk guru yang berhalangan hadir dapat memberikan tugas via e-mail kepada siswa. 
    • Ensiklopedia Sebagian perusahaan yang menjalankan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD-ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga duharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tetapi juga video dan audio. 
    • Jurnal atau majalah ilmiah Salah satu argumentasi umumnya di dunia pendidikan Indonesia adalah kurangny akses informasi ke jurnal atau majalah ilmiah yang berada diinternet sehingga memudahkan bagi para siswa untuk mengakses informasi ilmiah terkahir yang ada di seluruh dunia.
    • Pengembangan homepage dan sistim distribusi bahan belajar secara elektronik (digital) Sistem pembelajaran melalui homepage dapat dikembangkan dalam bentuk sekolah maya (virtual school) sehingga semua kegiatan pembelajaran mulai dari akses bahan belajar, penilaian, dan kegiatan administrasi pendukung dapat secara online selama 24 jam. 
    • Video teleconference Keberadaan teknologi informasi video teleconference memungkinkan bagi anak-anak di seluruh dunia untuk saling mengenal dan berhubungan satu dengan lainnya. Video teleconference di sekolah merupakan saranan untuk diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan belajar mengajar yang bersifat social. Disamping itu dapat pula untuk pengamatan proses eksperimen dari seorang guru  
    KESIMPULAN  


    Sejak tahun 1976, Indonesia telah memasuki era indormasi modern dengan beroperasinya SKSD PALAPA I. Di era informasi ini, TI dan TK memegang peranan sebagai teknologi kunci (enabler technology). Perkembangan TI dan TK dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, termasuk dalam dunia pendidikan. Dengan perkembangan TI dan TK yang sangat pesat ini, mau tidak mau, siap ataupun tidak siap, akan semakin deras mengalirkan informasi dengan segala dampak positif dan negatifnya ke masyarakat Indonesia. Perkembangan TI dan TK memperlihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, termasuk dalam dunia pendidikan. Seperti penggunaan e-learning, e-library, e-education, e-mail, e-laboratory, dan lainnya. Seperti ramalan dan pandangan para cendikiawan tentang pendidikan di masa depan bahwa dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja “saat itu juga” dan kompetitif. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. 


    Sumber : http://wijayalabs.wordpress.com

      4 Mar 2011

      SOAL LATIHAN TIK KELAS IX

      I. Pilihlah jawaban A, B, C atau D yang dianggap paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) !
      1. Peralatan teknologi informasi yang bisa digunakan untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulisan adalah....
        1. Televisi
        2. Handphone
        3. Printer
        4. Handy Talky
      2. Salah satu peranan teknologi informasi dan komunikasi yang banyak digunakan oleh Perusahaan, Universitas, lembaga pemerintah di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyararakat tanpa batasan ruang dan waktu yaitu.....
        1. Satelit 
        2. Radio 
        3. Internet 
        4. Komputer 
      3. Dampak negatip dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi salah satunya adalah kejahatan dan tindakan melawan hukum yang dilakukan seseorang menggunakan sarana komputer yang terkoneksi ke internet disebut dengan...... 
        1. Cyber 
        2. Cybercrime 
        3. Programer 
        4. Hacker 
      4. Urutan mengaktifkan komputer sesuai prosedur adalah.... 
        1. Tekan tombol power CPU, klik Start kemudian pilih Program 
        2. Tekan tombol power CPU, tekan tombol monitor, klik Start kemudian tunggu sampai Windows tampil dilayar, pilih Program
        3. Tekan tombol power CPU, tekan tombol monitor kemudian pilih Program 
        4. Tekan tombol power CPU, Tekan tombol monitor kemudian tunggu windows tampil dilayar monitor, klik Start, pilih Program 
      5. Istilah menyalakan komputer atau mengaktifkan komputer disebut..... 
        1. Booting 
        2. Restart
        3. Shut Down 
        4. It’s now safe to turn off your computer 
      6. Sistem operasi (Operating System) merupakan perangkat lunak dasar yang berfungsi sepenuhnya untuk mengendalikan sistem komputer. Salah satu sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation adalah…
        1. D O S
        2. LINUX
        3. Windows 
        4. UNIX 
      7. Folder yang berisi informasi file yang telah dibuang/ dihapus disebut….
        1. My Computer 
        2. Recycle Bin 
        3. My Document
        4. Window Explorer
      8. Perangkat keras (hardware) yang membantu untuk memasukan tulisa-tulisan (data) kedalam komputer dari gambar berikut adalah…. 
        1. Monitor
        2. Mouse
        3. Printer
        4. Keyboard
      9. Shortcut program aplikasi yang berfungsi untuk mempresentasikan data melalui slide-slide yang tersedia dengan berbagai jenis animasi adalah….
        1.  
        2.  
      10. Program aplikasi yang digunakan untuk membuat dan mengolah data-data dalam bentuk angka adalah…. 
        1. Microsoft Word 
        2. Microsoft Power Point 
        3. Microsoft Excel 
        4. Microsoft Windows 
      11. Icon yang berfungsi untuk melihat hasil ketikan atau pekerjaan adalah.... 
      12. Icon dibawah ini yang berfungsi untuk memberi garis bawah, atas, kiri, kanan atau keseluruh pada kolom dan baris adalah.....
        1.  
      13. Ikon yang terdapat pada menu format yang berfungsi untuk membuat dokumen kolom koran (dokumen ber column) adalah.....
        1.  
        2.  
        3.  
      14. Ikon dari toolbar drawing yang berfungsi untuk mengatur posisi bentuk, memutar bentuk, penyisipan teks disekitar bentuk adalah..
        1.  
        2.  
        3.  
      15. File pada Microsoft Word akan disimpan dengan extention.... 
        1. .doc
        2. .dot
        3. .rtf
        4. .xls 
      16. Untuk membentuk kata Masa depanku dapat dilakukan dengan cara mengklik..... 
        1. dan  
        2. dan  
        3. dan  
        4. dan
      17. Gambar ini disebut dengan ..... 
        1. Picture Symbol 
        2. Numberng 
        3. New Drawing 
        4. Bullet 
      18. Jika ukuran kertas untuk mencetak dokumen adalah kertas berukuran 21 cm X 29.7 cm, maka ukuran kertas adalah...... 
        1. Folio 
        2. A4 
        3. Legal 
        4. Letter 
      19.   Ikon disamping pada toolbar formatting berfungsi untuk mengatur tampilan data dengan ditengah beberapa kolom tertentu. Ikon ini disebut.... 
        1. Center 
        2. Merge and Center 
        3. Format Cell 
        4. Format Sel 
      20. Pada lembar kerja Microsoft Excel 2003, jumlah kolom dan baris adalah....... 
        1. 255 dan 65.515 
        2. 256 dan 65.525
        3. 255 dan 65.520 
        4. 256 dan 65.536 
      21. Secara default pada saat menjalankan Microsoft Excel, maka data berupa angka akan diletakan..... 
        1. rata tengah 
        2. Rata kiri dan kanan 
        3. rata kiri 
        4. Rata kanan
      22. Langkah untuk mengubah format angka adalah dengan melakukan blok sel kemudian.... 
        1. klik Format – Cells – Tab Border
        2. klik Format – Cells – Tab Aligment – Category
        3. klik Format – Cells – Tab Number – Category 
        4. ik Format – Cells – Tab Aligment – Font 
      23. Tabel untuk soal no 23 dan 24

        Rumus untuk memperoleh nilai rata-rata dengan menggunakan acuan campuran adalah…..
         
        1. = (B2+C2+D2) / 3  
        2. = B2+C2+D2 / 3
        3. = (B2 : D2) / 3 
        4. = (B2+C2+D2 ) / $C$424. 
      24. Dari tabel diatas, untuk mengisi kolom total nilai rumus yang benar dengan menggunakan fungsi adalah…… 
        1. =(B2+C2+D2)
        2. =SUM (B2 + D2)
        3. =SUM (B2 : D2)
        4. =SUM (B2+C2+D2) 
      25. Untuk mengatur margin halaman adalah dengan cara…. 
        1. klik File, pilih Page Setup kemudian pilih Tab Margin
        2. klik File, klik Tab General kemudian pilih tab Margin 
        3. klik File, pilih Page Setup kemudian pilih tab Paper 
        4. klik File, Pilih Page Setup, klik Potrait atau Landscape 
      26. Jaringan komputer yang sangat besar yang menghubungkan seluruh jaringan komputer diseluruh dunia disebut…. 
        1. L A N 
        2. W A N 
        3. M A N
        4. Internet 
      27. Perhatikan gambar berikut ini

        Gambar diatas menunjukan pengertian……
         
        1. Client 
        2. Internet
        3. Server 
        4. Intranet 
      28. Perhatikan gambar berikut ini.

        Gambar tersebut menunjukan pengertian…
        1.  Client 
        2. Internet  
        3. Server 
        4. Intranet 
      29. Secara teoritis satuan ukuran kecepatan akses ke internet adalah…
        1. km / jam 
        2. km / detik 
        3. byte / second
        4. m / second 
      30. Berdasarkan satuan ukuran kecepatan akses internet, akses internet dengan menggunakan .........40 kali lebih cepat dari akses dengan Dial-up. 
        1. WiFi
        2. 3G
        3. WiBro 
        4. GPRS 
      31. Koneksi ke internet dengan layanan ADSL memungkinkan untuk mendownload data-data lebih cepat dan efisien. Kecepatan ADSL adalah…… 
        1. 115 Kbps
        2. 2.6 Mbps 
        3. 2 Mbps 
        4. 512 Mbps 
      32. Ukuran kecepatan akses internet menggunakan modem internalatau external yang biasa digunakan untuk koneksi Dial-Up adalah...... 
        1. 56 Kbps
        2. 115 Kbps
        3. 65 Kbps 
        4. 512 Kbps 
      33. Dari tampilan gambar dibawah,

        yang tidak termasuk perangkat keras untuk mengakses internet yaitu gambar....
         
        1. 1
        2. 2
        3. 3
        4. 4
      34. Perhatikan gambar berikut ini
         

        Dari tampilan gambar diatas, yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog adalah...
         
        1. 1
        2. 2
        3. 3
        4. 4
      35. Perhatikan gambar berikut ini !

        Dari tampilan gambar diatas yang berfungsi untuk membagi sinyal data dan sebagai penguat sinyal adalah....
         
        1. PC Client 1 
        2. PC Client 2
        3. Hub
        4. PC Server 
      36. Langkah-langkah yang benar untuk menghubungkan ke internet melalui Dial-Up adalah.... 
        1. Klik Start, pilih tab Connections, pilih Dial-Up to private network, pilih control panel, klik internet options, klik add kemudian isikan nomor akses Telkomnet Instan : 080989999, isikan Username : telkomnet @ instan dan paswordnya : Telkom, klik Ok
        2. Klik Start, pilih control panel, pilih Internet Options, klik tab Connection, klik Add pilih Dial-Up to private network kemudian isikan nomor akses Telkomnet : 080989999, isikan Username telkomnet @ Instan dan paswordnya Telkom, klik Ok 
        3. Klik start, pilih tab conections, pilih Dial-Up to privat network, isikan username telkomnet @instan dan paswordnya : Telkom,pilih control panel, klik internet options, klik Add, kemudian isikan nomor akses telkomnet 080989999 klik Ok 
        4. Klik start, pilih control panel, klik internet options, pilih tab conections, klik Add pilih Dial-Up to privat network kemudian isikan nomor akses telkomnet : 080989999, isikan username telkomnet@instan dan paswordnya Telkom, klik Ok  
      37. Program aplikasi yang digunakan untuk kegiatan menjelajahi internet atau mencari informasi dengan cara mengunjungi website-website tertentu disebut dengan.....
        1. Altavista 
        2. Browsing 
        3. Browser 
        4. Google 
      38. Salah satu Shortcut perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet adalah.... 
        1.  
        2.  
      39. Nama domain untuk situs pemerintah Indonesia adalah..... 
        1. .or.id 
        2. .co.id
        3. .go.id 
        4. .ac.id 
      40. Nama domain untuk situs pendidikan adalah..... 
        1. .com 
        2. .edu 
        3. .gov 
        4. .www 
      41. Proses penempatan file dari komputer kita ke sebuah komputer server di internet disebut.....
        1. Logout 
        2. Upload 
        3. Download 
        4. Login 
      42. Nama search engine yang membagi database yang dimilikinya kepada sarch engine lain adalah…..
        1. Google 
        2. Lycos 
        3. Altavista 
        4. Mozila 
      43. 43. Menampilkan kategori pencarian yang dipilih untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih tepat adalah....... 
        1. Category 
        2. Judul halaman 
        3. tombol cari 
        4. Kata kunci 
      44. Beberapa layanan yang tersedia di internet dan tergabung dalam satu group mempunyai tujuan yang sama, kelompok tersebut adalah....
        1. Chatting 
        2. Facebook 
        3. Join Groups 
        4. Mailing List 
      45. Salah satu manfaat dengan adanya layanan internet pada kehidupan sehari-hari adalah....... 
        1. Mudah mengirim barang 
        2. Internet Banking
        3. Pembuatan Kartu Tanda Penduduk 
        4. Masuknya budaya asing yang negative
      II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

      1. Sebutkan 2 peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan ! 
      2. Untuk membuka menu Edit dapat dilakukan dengan klik menu tersebut atau menggunakan tombol keyboard dengan menekan......... 
      3. Sebutkan fungsi icon toolbar standar yang ada di bawah ini ! 
        1.  
        2.   
      4. Buatlah gambar topologi jaringan Star ! 
      5. Salah satu manfaat layanan internet dengan adanya perdagangan elektronik yang disebut ...........